Daftar Kata Istilah Baru Bahasa Indonesia
Perkembangan Perkembangan
bahasa adalah bentuk perkembangan kebudayaan manusia. Semakin banyak aktivitas
manusia dalam kebudayaan, seperti ide, aktivitas, pemikiran, maka semakin
banyak memerlukan kata-kata untuk menyampaikan pesan. Ketika penyampaian pesan
kurang tepat maka akan terjadi kekurangan dalam pemahaman.
2).
Pematang.
3).
Kempungan.
4).
Benca.
5).
Bencani.
6).
Lebung.
7).
Blinriah.
8).
Animhet.
9).
Neofeodalisme.
10).
Talutuh.
11).
Getuk.
12).
Tugal.
13).
Jumprog.
14).
Jumgold.
15).
Katarus.
16).
Neofeodalisme.
17).
Moderen.
18).
Sosialsic.
19).
Serut.
20).
Sukuisme.
22).
Balu.
23).
Sarap.
24).
Jerang.
25).
Ancarakter.
27.
Syitanman.
28.
Mogel.
29.
Lemban.
30.
Sibube (Sikap Bulu Bebek).
31.
Animsek.
32. Atfecs
Kebudayaan
manusia tidak akan berkembang tanpa adanya bahasa sebagai media komunikasi.
Dalam bahasa yang berkembang dan memiliki interaksi global dan luas maka
penerjemahan bahasa juga perlu dilakukan. Bahasa-bahasa yang berkembang dan
tumbuh dimulai dengan istilah-istilah yang diwakili sebagai penjelas dari
maksud-maksud tersebut. Pada Bahasa Indonesia yang berkembang juga masih banyak
istilah bahasa yang belum dibakukan atau belum ditemukan.
Kadang
pesan bahasa terwakili dengan bahasa asing, seumpama menggunakan bahasa
Inggris, bahasa Arab, Bahasa Daerah dan lainnya. Berikut ini adalah bentuk
daftar bahasa Indonesia yang belum di bakukan. Dalam penulisan ini akan
mengikuti perkembangan sosial kebudayaan Indonesia dari masa lampau sampai masa
yang akan datang. Sehingga daftar kata di sini adalah bentuk temuan baru.
1).
Renah.
Renah
adalah nama suatu kawasan yang terletak di antara banyak sungai-sungai. Kawasan
ini dimusim penghujan dengan intensitas tinggi akan terjadi banjir alami.
Banjir di kawasan renah bukan disebabkan oleh kerusakan alam tetapi bentuk
kawasan penampungan air hujan secara luas. Kawasan
renah apabila musim kemarau, atau saat intensitas hujan rendah kawasan ini sama
dengan kawasan biasa, tidak terjadi banjir.
Semakin lebar sungai, maka semakin
luas kawasan renah. Ciri-ciri kawasan renah terletak antara banyak sungai-sungai,
banyak terdapat telaga-telaga, dan tanahnya rata tidak berbukit-bukit. Kawasan
renah tidak boleh dibangun perumahan, perkantoran, sebab akan terjadi banjir
tahunan.
Kemudian
hendaklah tidak terjadi penimbunan-penimbunan pada lokasi-lokasi genangan air,
karena debit air banjir akan pindah atau naik. Kata renah dapat juga berarti
tanah dataran rendah. Di Provinsi Jambi ada nama suatu perkampungan tua bernama
Renah Kemumu. Posisi kampung terletak di dalam lembah.
Pematang
adalah lawan dari kata renah. Kalau renah adalah kawasan tanah yang terendam
banjir saat intensitas hujan tinggi, maka pematang adalah suatu kawasan yang
tidak terendam banjir. Tanah pematang adalah tanah yang tinggi, berbentuk
bukit-bukit dan jauh dari kata banjir. Pematang berarti tanah yang kering tidak
banyak mengandung air.
Kempungan
adalah suatu kawasan tanah yang cukup luas terletak di tengah kawasan renah.
Dinamakan tanah kempungan karena saat terjadi banjir kawasan itu tidak terendam
banjir. Sehingga saat banjir terjadi terbentuklah semacam pulau kecil di
tengah-tengah banjir.
Tanah
kempungan selalu dijadikan warga di Sumatera untuk berburu hewan seperti
kijang, rusa, kancil, landak, saat-saat musim banjir. Hewan-hewan yang
terkurung tentu mudah bagi mereka untuk menangkapnya. Kata kempungan berasal
dari kata kepung,
baik kata kepung untuk hewan buruan, atau kata tanah yang di kepung banjir.
Benca
adalah bentuk aliran air paling kecil dari barisan tempat aliran air. Sebagai
simulasi kita akan memulai dari laut, sungai besar, anak sengai besar, sungai
kecil, anak sungai kecil, dan baru yang dinamakan benca. Benca adalah bentuk
penyatuan dari mata-mata air di dalam hutan tropis.
Kemudian
ia mengalir menuju sungai-sungai kecil. Bentuk benca tidak bertebing,
seandainya bertebing tidak terlalu dalam. Benca mengalir diantara cela-cela
pohon seperti sungai-sungai kecil. Benca juga sangat rentan tertimbun, seperti
adanya pembangunan perkebunan atau gedung oleh manusia.
Bencani
adalah bentuk penampungan air alam yang terdapat di hutan-hutan tropis kawasan
dataran renda. Bencani lawan dari kata benca. Kalau benca berbentuk memanjang
seperti selokan alamai, bencani berbentuk bulat seperti kolam.
Bencani
memiliki luas antara satu meter persegi, sampai lima meter persegi, dengan
kedalaman berpariasi, anatar setengah meter atau lebih. Bencani berbentuk
bulat, persegi, atau memanjang (terukur). Bencani ibarat penampung air terkecil
dari barisan danau. Sebagai gambaran, dimulai dari danau, telaga, kolam,
lebung, dan bencani. Bencani juga rentan dengan kerusakan sebab penimbunan
alami alam, pembukaan lahan perkebunan, dan longsor.
Lebung
adalah barisan penampungan air alam yang alami. Terletak di kawasan renah
dengan luas antara duapuluh meter persegi, sampai puluhan meter persegi. Air
lebung akan selalu banyak di musim hujan dan akan mengering disaat kemarau.
Air
lebung juga menampung ikan-ikan yang terperangkap saat banjir. Sehingga saat
menjelang kemarau masyarakat sering menangkap ikan di dalam lebung. Keberadaan
lebung juga terus terancam karena tertimbun oleh tanah secara alami atau akibat
ulah manusia.
Kata blin diserap
dari kata blind dalam
bahasa Inggris, berarti buta. Kata Blinriah juga di ambil dari kata riya. Riya
adalah perbuatan manusia yang membanggakan tentang perbuatan baiknya. Sedangkan
kata blinriah adalah
kebalikan dari kata riya.
Blinriah adalah kata untuk penamaan pada manusia yang
membanggakan perbuatan buruknya atau perbuatan salah. Seperti
berbuat dosa, atau perbuatan tidak patut lainnya. Manusia sangat banyak
membanggakan perbuatan buruknya, di antara orang-orang.
Seumpama seorang lelaki
telah melecehkan perempuan, bangga dengan mabuk-mabukkan, bangga dengan gaya
amburadul, bangga karena merokok, bangga merampas hak orang lain, bangga sebab
memakai sabu-sabu, berkelahi, tauran dan sebagainya. Padahal mereka tahu bahwa
perbuatan mereka itu adalah perbuatan salah dan dosa, seperti orang buta mata
hatinya.
Kata
animhet di ambil dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu animal berarti
binatang, dan hate yang
berarti membenci. Animhet dalam pengertian ini adalah orang-orang yang membenci
kebaikan, tidak suka dengan perbuatan baik.
Kelompok
manusia animhet lebih mementingkan kesenangan diri sendiri dari pada berbuat
baik, padahal dia mengerti kebaikan tersebut juga kebaikan dirinya, manusia,
dan alam. Seperti pembuang sampa sembarangan, mengolok orang beribadah,
menentang aktivis moral, membenci orang jujur. Orang-orang kelompok animhet selalu
berbuat kerusakan di tengah masyarakat. Orang-orang ini tidak menyukai orang
baik, apabila dalam kewenangannya orang baik akan dia singkirkan.
Maka,
manusia pitranya adalah menyukai kebaikan, apabila ia tidak menyukai kebaikan
berarti fitrnya bukan manusia. oleh karena itu disebut dengan istilah animhet.
Atau manusia yang secara fiisik dan biologis mirip manusia tapi pikiran,
prilaku dan tabiatnya seperti hewan.
Neofeodalisme
berasal dari kata neo, feodal,
dan isme.
Neo berarti baru atau di perbaharui. Feodal adalah sifat orang zaman dahulu
yang merasa memiliki derajad lebih mulia dari orang lain sebab kedudukan,
jabatan, kekayaa. Superiornya itu bukan disebabkan oleh prestasi atau
kebenaran.
Sedangkan isme
(ismos bahasa latin) mewakili suatu paham dalam suatu aliran pemikiran
(kepercayaan). Neofeodalisme adalah bentuk feodalisme baru atau
feodalisme yang wujud baru. Neofeodalisme berarti sifat seseorang yang merasa
lebih superior dari seseorang. Dengan menggunakan kedudukan, jabatan, umur,
posisi, kekayaan, dan gelar, sebagai penguat atas alasan-alasan tindakannya.
Dia
tidak mau merasa kalah dari orang yang dia anggap rendah tadi, dan dia merasa
tidak terima kalau dia dikalahkan atau dibantah oleh orang yang dia anggap
rendah dari kedudukannya. Walau dia tahu bahwa dia salah atau itu perbuatan
yang semestinya tidak perlu di perkarakan, tetapi karena dia merasa hebat maka
tetap dia berbuat menurut nafsunya. Kadang juga demi menutup malunya.
Talutuh
adalah nama untuk tetesan air sisa hujan yang menempel di dedaunan pohon.
Biasanya air talutuh ini akan jatuh saat dahan pohon bergoyang diterpa angin,
bergeraknya hewan, atau digoyang manusia. Air talutuh ini
juga masih menetes saat hujan baru saja berhenti.
Getuk
adalah nama kentongan yang terbuat dari tempurung jenis labi-labi atau
kura-kura. Cara membuat penduduk Melayu di Sumatera Selatan atau di Indonesia,
adalah dengan mengeringkan tempurung. Setelah kering tempurung di gantung di
muka pondok di tengah ladang, talang, atau di rumah pedesaan.
Bunyi
getuk mencapai tiga kilometer sebagai alat komunikasi penduduk ladang berpinda
masa lalu. Dengan membunyikan getuk mereka dapat saling memberi informasi
bahaya, meminta tolong, memberitahu waktu, tanda keberadaan, dan memberitahu
lokasi.
Alat
menanam padi dari kayu, digunakan petani ladang berpindah. Bentuk tugal adalah
kayu sebesar genggaman manusia dewasa sepanjang satu setengah meter atau lebih.
Di bagian ujung ditajamkan membentuk bulatan. Menggunakannya dengan cara di
tusuk-tusuk ke tanah sehingga terbentuk lobang-lobang di tanah. Setelah lobang
terbentuk maka dapat diisi bibit padi, bibit kacang tanah, atau bibit jagung
dan sebagainya.
Jumfrog
adalah kelompok orang-orang yang datang ketempat asing atau ke negara asing
kemudian dia melihat budaya orang asing tersebut, tetapi budaya itu
bertentangan dengan kebudayaan, adat, agama, norma-norma berlaku di negaranya
atau tempat. Lalu kebudayaan yang bertentangan itu dia bawa dan dia banggakan
di negaranya.
Hal
yang mereka bawa bukan Cuma aktivitas saja, tetapi juga dalam pemikiran. Contoh
dalam aktivitas, norma budaya asli orang Indonesia perbuatan seks aneh-aneh.
Seperti lelaki berpegangan tangan laki-laki dan perempuan ditempat umum baik
suami istri, atau bukan, adalah suatu hal yang tidak baik, atau memalukan
dulunya. Tetapi sekarang norma itu sudah hilang, seakan-akan perbuatan itu
biasa.
Dalam
pemikiran dicontohkan dengan pemahamaan demokrasi, seperti mempelajari
demokrasi seperti Amerika, dan ingin demokrasi ala Amerika juga diterapkan di
Indonesia. Padahal demokrasi Indonesia adalah demokrasi kebersamaan dan musyawara,
bukan demokrasi bebas.
Mereka
juga cenderung inferior, merendahkan negara sendiri dan memuja negara lain atau
memuja asing. Jumprog diserap dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu jump artinya
lompat, dan frog artinya katak. Kenapa di sebut jumprog karena
orang-orang ini diibaratkan seperti katak kecil yang melompat kedalam air
berlumpur, kemudian bersuara ramai sekali.
Jumgold
adalah orang-orang yang datang ke suatu tempat atau negara lain, kemudian dia
mengenal budayanya. Dari mengenal budaya itu kemudian dia membawa budaya-budaya
baik, seperti dalam hal kebersihan mereka kampanyekan di negaranya atau tempatnya.
Kemudian
dia bertolak dari budaya yang dia kenal tersbut mengembangkan kebudayaan di
negara dan tempatnya. Orang-orang ini tidak merendahkan kebudayaan negaranya,
tetapi dengan pengalamnya dia mengembangkan kebudayaan positif di negaranya.
Kata jumgold diserap dari bahasa Inggris jum artinya
lompat dan gold artinya
emas.
Katarus
adalah golongan orang-orang yang suka dan merasa terhormat, merasa maju, merasa
modern, merasa pintar, dengan mencampur adukan kata-kata bahasa negara sendiri
dengan bahasa asing saat berbicara dengan bangsanya sendiri.
Dikecualikan
bagi orang-orang peranakan, dan orang-orang yang besar atau lahir di negeri
asing. Katarus gambungan dua kata, yaitu kata dan rusak.
Dapat diartikan merusak bahasa, atau kalimatnya yang dia ucapkan rusak tidak
sesuai ketentuan baku dalam tata bahasa negaranya. Sebut saja dengan kaum
katarus. Sifat katarus ini orang gila hormat, dan miminta pengakuan kalau dia
itu orang maju, orang sukses, padahal pemakan nasi kangkung.
Neofeodalisme
adalah bentuk feodal wujud baru. Neofeodalisme adalah orang-orang yang merasa
dirinya lebih suverior dari orang lain, dia mengaggap orang lain lebih rendah
dari dirinya. Karena merasa dirinya memiliki suatu kekuatan dan kedudukan.
Mereka
memanfaatkan kedudukan atau kekuatan itu untuk mengalakan orang lain, merampas
hak orang lain. Orang ini tidak mau kalah, sebab dia merasa dirinya lebih baik
dan lebih mengerti. Dalam pikirannya dia merasa hebat, tidak mau diatur, tidak
mau kalah. Tetapi sikapnya itu bukan dilandasi kebenaran atau prestasi.
Dia
hanya menggunakan kedudukan, gelar, kehormatan, kekuasaan, umur, jabatan,
pangkat, kekuatannya, kekayaan. Orang-orang ini sangat marah apabila ada
pertentangan dengan kehendaknya atau pendapatnya. Apalagi kalau orang itu
hanyalah orang biasa. Kadang orang-orang ini berlaku demikian hanya karena
menutup malu tidak mau terlihat kalah atau bodoh. Dia malu sebab dia
berkedudukan. Sedikit gambaran sikap “siapa si kamu, aku ini sudah strata tiga,
kamu strata satu saja belum. Aku ini polisi, kamu masyarakat aku tilang kamu.
Aku
ini majikan, kamu itu pembantu. Kamu itu masih muda, jangan banyak protes.
Mereka tidak melihat kebenaran, tetapi karena memposisikan diri di atas. Sifat
atau sikap ini dirujuk dengan sifat kaum bangsawan dan raja-raja yang
mengadalkan kedudukan, kekayaan dalam bertindak dan berbuat, serta merasa diri
mereka lebih tinggi dari manusia lain.
Modern
adalah suatu penamaan keadaan kebudayaan yang lebih baik dan bermanfaat bagi manusia
pada keadaan manusia di suatu zaman. Manusia modern adalah manusia yang
memiliki pemikiran positif dan semakin beradab.
Sifat
manusia modern semakin manusiawi dan memperhatikan kebaikan bersama, baik
lingkungan negara dan lingkungan global. Tidak mengambil hak orang lain, tidak
menindas, menghormati wanita, taat hukum, pakaian semakin pantas, punya harga
diri, beragama dengan baik. Maka Kemoderenan manusia terletak pada pemikiran
positif dan adab.
Bukan
terletak pada hasil kebudayaan, karena hasil kebudayaan selalu modern di setiap
masanya, tidak ada yang kuno. Kalau kita menganggap meriam senjata kuno di
zaman sekarang, tetapi meriam senjata tercanggi pada masanya. Begitupun
teknologi di zaman kita akan terasa kuno di zaman selanjutnya.
Sosialsic
adalah penyakit masyarakat yang melekat pada suatu masyarakat atau seorang
individu yang suka memamerkan perbuatan amoral di muka public, baik itu secara
langsung atau melalui media. Di zaman sekarang mereka melakukan itu untuk
dikenal atau merasa hebat.
Di
media sosial mereka mengupload foto, video, tulisan yang tidak sesuai dengan
fitrah manusia yang beradab. Mereka mengumpat, mencaci maki, menulis kata-kata
kotor, mengajak ke keburukan, mengejek, dan sebagainya. Sosialsik ini bukan
hanya dilakukan oleh kelompok atau individu yang kurang terdidik saja, tetapi
juga dilakukan oleh elit-elit politik suatu negara yang terdidik dan
terhormat. Sosialsik diambil dari kata social dan sick dalam
bahasa inggris.
Bermakna
kelompok atau seseorang yang jiwa sosialnya sakit atau tidak normal, tetapi
yang lainnya normal. Sebagai contoh mereka menyebut dengan plesetan cebong dan
prabohong. Di media facebook misalkan seorang individu mengupload foto
ciuman di bibir dengan lawan jenis sebagai ekpresi cinta, dan lainnya.
Dalam
Kamus Bahasa Besar Indonesia, serut berarti alat untuk melicinkan kayu, dan
tatal limbah mengolah kayu. Pengertian kata serut dalam
daftar ini, adalah suatu tanah yang lapang atau bidang tanah, yang awalnya
bersih, kemudian tanah lapang tersebut ditumbuhi oleh tetumbuhan secara alami.
Sehingga tanah lapang atau bidang tanah tersebut dinamakan, telah menjadi
serut. Kata serut diambil
dari bahasa Melayu Sekayu.
Sukuisme
adalah fahan seseorang atau suatu kelompok masyarakat yang membanggakan
sukunya, merasa sukunya sangat unggula dari suku-suku lainnya. Sukuisme
termasuk dalam kategori sosialsik. Penganut sukuisme selalu bertindak agresif,
dan berusaha mengalakan suku-suku lainnya. Penyakit sosial sukuisme ini menjangkit
semua lapisan masyarakat. Seperti kalangan akademisi, pejabat, dan para
pemimpin.
Balu
adalah sebutan untuk seorang suami yang ditinggal mati oleh istrinya, atau
seorang istri ditinggal mati suaminya. Penamaan balu untuk membedakan dari istilah
duda dan janda. Orang balu kedudukannya terhormat dari janda atau duda. Sebab
janda atau duda perpisahan mereka disebabkan cerai yang disebabkan permasalahan
pribadi atau komplik.
Sarap
dalam kata ini berbeda dari kata syaraf. Sarap adalah daun kering yang
berserakan di atas permukaan tanah atau di dalam hutan. Sarap terbentuk dari
jatuhan dedaunan pohon yang sudah menguning. Sehingga dedaunan itu bertimbunan
di bawa pohon dan di atas permukaan tanah.
Sarap
juga terletak di dalam sungai, danau, pekarangan rumah, atau tempat lainnya.
Kenapa dalam bahasa kita ada kata tiarap, sesungguhya kata tersebut berasal
dari kata sarap. Karena tiarap berarti kita menelungkup di atas tanah dimana
banyak timbunan dedaunan kering yang dinamakan sarap. Awalan ti memberikan
makna di tempat. Contoh, ti-ba, ti-gal, ti-tian.
Jerang
adalah kata untuk menjelaskan saat alat memasak (belanga, kuali, dll), di
angkat lalu di letakkan di atas tungku api memasak, atau tungku kompor.
Ancarakter
adalah nama sifat manusia yang tidak mau mendengarkan nasihat orang. Semakin
diteguri, semakin dinasihati, semakin menjadi. Orang yang memiliki sifat ini,
dia semakin tambah suka melakukan perbuatan salah tersebut. Orang pengidap
ancarakter merasa bangga ketika dia menentang nasihat orang-orang. Biasanya dia
bertambah nekad dan emosi, karena dilarang-larang.
Sifat
ancarakter termasuk sakit jiwa yang ringan. Pengidap ancarakter pada umumnya
normal, hanya sifatnya yang semakin menjadi-jadi saat dimarahI karena berbuat
salah. Ancarater memiliki egoisme sangat tinggi, dan keras kepala. Istilah
ancarakter diambil dari kata dalam bahasa Inggris animal dan character. Animal berarti
hewan atau binatang, sedangkan charakter berarti
sifat, watak atau tingkah laku. Perumpamaan dengan ayam misalnya, ketika
kita mengusirnya naik atau masuk rumah, kemudian dia pergi.
Tidak
lama kemudian si ayam akan datang dan masuk rumah kembali. Si ayam tidak
mengerti bahwa dia dilarang masuk meskipun berkali-kali diusir, tetap masuk
juga. Atau seumpama kita memberi sekelompok anjing makan. Ketika kita sudah
memberikan satu anjing, satu wadah, anjing-anjing tersebut masih berebutan.
Sifat yang tidak mengerti yang diibaratkan dari dua hewan tersebutlah melekat
pada manusia yang mengidap penyakit ancarakter.
26).
Mantikus.
Mantikus
adalah sifat manusia yang merasa senang karena dia berhasil menipu, berhasil
berbuat curang, berhasil berbuat salah, lalu mengambil untung dari
ketidaktahuan orang. Seumpama si A mengatur keuangan organisasi. Ada suatu
kegiatan dimana ditetapkan ada honornya setiap panitia.
Tapi
ada diantara anggota panitia tidak tahu kalau ada honor dalam kegiatan itu.
Katakanlah si B. Maka si A tadi mengetahui kalau si B tidak tahu kalau ada
honornya. Maka si A tidak memberikan honor itu tetapi dia ambil sendiri. Si A
ini merasa sangat bangga karena dia merasa dapat untung. Dia merasa pintar dan
hebat kerana mengambil hak orang tersebut.
Kata mantikus diambil
dari kata dalam bahasa Inggris man yang bermakna manusia, dan tikus adalah
hewan yang suka mengumpulkan makanan sisa di tempat-tempat gelap dan sempit,
juga berbau. sifat mantikus juga dikategorikan penyakit jiwa ringan. Karena
orang yang jiwanya tidak sakit tentu akan berbuat jujur dan memberikan hak
orang. Orang-orang pengidap penyakit jiwa ini adalah orang jahat, walau dia
suka beribadah. Termasuk golongan orang munafiq berat.
Sifat
atau watak pemikiran manusia yang jahat sekali. Biasanya sifat syitanman di
idap oleh petugas aparatur negara, orang yang mempunyai tugas dari orang lain,
departemen, atau dari organisasi atau lainnya. Sifat ini bersarang di lubuk
hati mereka yang penuh dengan kejahatan sosial. Sifat syitanman adalah sikap
seseorang yang tidak bertanggung jawab penuh pada tugasnya.
Dia
tidak memiliki integritas hidup, tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana
mestinya. Saya contohkan, seperti seorang guru atau dosen yang mengajar murid
atau mahasiswa mereka, tetapi di dalam pelaksanaan tugas mereka tidak
dijalankan sebaik-baiknya. Dia berpikir yang penting mendapat gaji setiap bulan,
dan kalau yang dia ajari itu mau bisa atau tidak terserah, toh anak orang lain.
Dalam metode mengajar dia tidak peduli, apakah caranya itu benar, baik, yang
penting sudah masuk ruangan dan mengajar.
Kemudian
seorang kontraktor misalnya, dia mengerjakan sesuatu proyek negara, tetapi
dikerjakan seadanya, toh itu negara yang punya. Mau baik atau buruk dia tidak
peduli. Yang penting sudah di kerjakan. Atau di umpamakan dengan pejabat
bupati, walikota, gubernur, dalam menjalankan tugas mereka tidak memiliki
tanggung jawab kedepan dalam pengolahan anggaran.
Anggaran
dikelola monoton seperti itu-itu saja, agar dapat mengatur korupsi. Yang
penting tugas sudah diketahui publik beres, mau maju atau tidak terserah toh
dia sudah jadi pejabat, sudah terkenal, sudah kaya, sudah bermartabat. Kata
syitanman diambil dari kata dalam bahasa Arab, yaitu syaiton berarti
setan, dan kata di dalam bahasa Inggris, yaitu man yang
berarti manusia. Saya rasa pengertiannya anda mengerti apa makna dari kata
syitanman.
Sifat mogel adalah
sifat orang-orang yang sok dan mentang-mentang. Seperti seorang prajurit
misalnya. Karena dia memakai seragam, bawak senjata api, dan pangkat agak
tinggilah. Karena dia merasa punya senjata dan berseragam ini, dia menjadi
berani sekali. Di jalan dia bersepeda motor ngebut, susuka dia menerobos, sehingga
masyarakat harus minggir.
Siapa
berani dailah paling berani, dia prajurit ada senjata. Kalau bawak mobil suara
sirene dibunyikan padahal hanya lewat saja. Kalau sedikit bersenggolan dengan
masyarakat dia marah-marah dengan lantang. Kamu siapa, kamu berani, katanya.
Dia polisi, dia TNI, dia pejabat, dia kaya, dia preman. Kalau masyarakat umum
biasanya laki-laki besar tinggi berhadapan dengan lelaki kecil.
Diibaratkan
seperti seorang preman, dia merasa jago dan bertindak sesuka hatinya karena di
daerahnya, dia ada senjata, jadi jangan macam-macam sama dia. Tapi sejatinya
orang-orang ini penakut, dia merasa berani itu karena merasa ada yang dia
andalkan. Kalau sendiri dan tangan sama kosong atau sama-sama ada senjata dia
takut. Seharusnya di dalam kehidupan itu biasa-biasa saja. Ikuti tata aturan
dan tata krama, manusia itu sama saja.
Kata mogel diambil
dari singkatan monyet gelang. Mengapa orang-orang tersebut di ibaratkan monyet
gelang. Dulu di desa saya banyak sekali warga memelihara monyet. Monyet
tersebut di ikat dengan rantai, dan di pinggangnya dipasang dengan gelang.
Tempat monyet peliharaan itu dibuat tiang tinggi dan tempat duduk dari papan.
Biasanya di samping rumah pemiliknya.
Monyet
ini, saat kita lewat di bawa, atau di samping tempat dia diletakkan tersebut,
selalu bertingkah mengejek. Dia mantati, mendelik-delik mata, berbunyi-bunyi
aneh. Bertingka seakan dia marah dan menantang. Maka dari itu, sifat orang
sebagaimana dimaksudkan di atas disebut dengan mogel atau monyet
gelang. Mogel juga
termasuk penyakit jiwa ringan.
Tempat
penampungan dan pembuangan limbah rumah tangga. Terletak di bawah dapur atau di
samping dapur. Lemban berupa
tanah yang dikeruk, berbentuk segi empat atau bundar dengan kedalaman kurang
lebih satu meter sebagai penampung air bekas mencuci alat-alat rumah tangga.
Karena
tergenang lama maka lemban akan
berubah menjadi hitam dan berbau. Sehingga penduduk menamakannya dengan tanah
lemban. Di sekitar tanah lemban akan menyebabkan tanah sekeliling menjadi
subur sehingga sangat sering sekali penduduk menanami tanaman seperti pohon
pisang di dekat lemban atau tanah
lemban. Kebiasaan ini terdapat pada masyarakat pedesaan.
Terutama
penduduk yang menerapkan pola rumah panggung. Saat ibu-ibu sedang mencuci alat
rumah tangga atau makanan akan terlihat air berjatuhan dari tempat pembuangan
air. Di perkotaan lemban berubah
tempat, yaitu mengalir langsung di selokan. Dapat kita saksikan air selokan
kotor, berbau, banyak jentik nyamuk dan berwarna hitam.
Sikap
bulu bebek adalah sikap dan sipat seseorang yang memperlakukan orang seenaknya
karena sebab dia merasa memiliki kedudukan. Dia merasa terhormat dan
orang-orang kecil akan menghormatinya. Dia cenderung seenaknya dan berbuat
tidak sopan.
Misalnya
dia seorang yang kuat, lalu dia dengan mudanya mengambil milik orang yang lemah
karena dia tahu orang itu akan membiarkannya. Dia tahu kalau orang itu akan
kalah darinya. Dia tahu kalau dia akan ditakuti. Dia merasa kaya dan akan
dihormati orang sehingga dia juga merasa akan dihargai.
Kalau
yang berpangkat misalnya dia seorang prajurit dengan mudah memperlakukan orang.
Misalnya ada seorang rakyat biasa yang berjualan kacang tanah atau buah-buahan.
Kemudian si Prajurit dengan seenaknya makan semaunya. Si penjual hanya diam
saja dan memperhatikan si Prajurit.
Si
prajurit merasa dirinya akan disegani dan ditakuti sehingga si penjual akan diam
saja. Sipat si Prajurit ini adalah sipat sibube atau bersipat seperti Bulu
Bebek (Sibube). Pelaku sipat Sibube juga sering terjadi pada wanita misalnya.
Seorang lelaki dengan mengambil kesempatan menggerayangi tubuh seorang wanita.
Si wanita karena takut terpaksa diam bersabar dan membiarkan.
Mengapa
disebut sikap bulu bebek (sibube). Orang-orang ini diumpamakan seperti bulu
bebek yang putih dan bersih. Tapi sesunggunya bulu-bulu itu kotor sebab selalu
masuk tempat kotor dimana bebek itu mencari makan. Bulu-bulu terkena apa saja
yang paling kotor. Tapi si bebek tidak mengetahuinya.
Tapi
dia merasa kalau bulunya paling indah dan bersih. Kuat karena dapat terbang
jauh. Mengepak-ngepak kesana kemari seakan-akan dia paling hebat. Tapi semua
orang tahu kalau dia tidak lebih pengaduk tempat-tempat kotor dan berbau. Orang
yang memiliki sikap sibube ini termasuk dalam kategori pengidap sosialsick.
Bebek lupa kalau ada elang yang kuat di angkasa yang dapat mencabik-cabik
tubuhnya.
Animsek
adalah nama penyakit sosial seseorang yang mengidap penyakit sosial yang suka
mengumbar seks atau menggunakan terknologi komunikasi dan di publikasi. Seperti
telpon seks, video call seks, memfosting foto atau video telanjang atau
hubungan intim milik pribadi atau milik orang lain. Suka mempamerkan kemesraan
di muka umum. Misalnya berpelukan dan berciuman di tempat umum walaupun itu
suaminya atau istrinya.
Kita
dapat menjumpai perilaku demikian di tempat wisata. Kita lihat akhir-akhir ini
dengan berkembangnya dunia telekomunikasi membuat masyarakat melampaui batas
dalam menggunakan teknologi komunikasi. Terutama media sosial seperti facebook,
twitter, whatsApp, dan sebagainya. Animsek diserap dari kosa kata bahasa
Inggris, animal dan sex. Sehingga kalau diartikan secara bahasa. Animsex adalah
penyakit sosial yang suka melakukan seks seperti hewan.
Kita
dapat memperhatikan hewan-hewan melakukan hubungan seks. Lihat sekeliling,
misalnya anjing, kucing, ayam, itik, bebek, sapi, kuda, kerbai, dan semua
hewan. Mereka tampak bercumbu dan behubungan intim di ruang terbuka dan di
saksikan oleh kelompok mereka sendiri atau oleh manusia. Penyakit ini muncul
dua pengaruh. Pertama karena mereka memang memiliki sifat hewan. Kedua mereka
memiliki sifat membanggakan keburukan karena mereka tidak mempunyai kelebihan
apapun yang diperlihatkan. Selain menunjukkan maksiat dan prilaku tidak senono.
32. Atfecs
Atfecs
adalah suatu penyakit sosial masyarakat. Sering juga di sebut dengan
kelompok manusia-manusia pemakan kotoran sosial. Atfecs diambil dari dua kata
dalam bahasa Inggris, ate dan feces. Ate yang
bermakna makan atau memakan. Sedangkan kata feces adalah
kotoran manusia atau tinja.
Zaman sekarang penyakit ini menyerang hati dan
pemikiran manusia. Para
pengidapnya terdiri dari bermacam-macam kelompok masyarakat. Terdiri dari
berbagai profesi dan tingkatan. Penyakit ini sangat merusak dan salah satu
penyebab akutnya korupsi di Indonesia. Berikut ulasannya.
Misalnya dia seorang
kepala Dinas di suatu departemen. Gaji bulanannya sepuluh
juta. Kemudian dia ingin terlihat berhasil dan hebat. Ingin memenuhi kebutuhan
yang banyak dalam waktu yang cepat.
Kebutuhan
misalnya beli mobil anak-anaknya, henpon anak-anak yang mahal, kebutuhan makan
yang mewah. Semua itu, bentuk dari keinginan terlihat kaya. Itulah yang
menyebabkan orang-orang tersebut mengidap penyakit atfecs atau parasit pemakan
kotoran sosial masyarakat.
Misalnya
ada keluarga si kepala dinas yang ulang tahun. Kemudian makan keluar dan
menghabiskan uang tiga sampai empat juta untuk sekali makan saja. Belum lagi
untuk membeli hadiahnya. Atau makan keluar dengan keluarga dengan hura-hura.
Sehingga dia bangga dilihat khalayak ramai bahwa dia orang kaya dan orang
sukses. Di dalam hatinya berkata, "aku ini seorang kepala dinas loh.
"Tapi apakah dia sukses!!! Tidak, dia sedang bermain teater sendiri.
Sutradara sendiri, panggung sendiri dan menulis sekenario sendiri.
33. Piges
Penyakit sosial pigsit diambil dari istilah dari kata di dalam bahasa Inggris. Pig yang berarti babi, dan kata es disingkat dari kata feces yang berarti tinja atau kotoran yang keluara dari dubur makhluk hidup manusia atau hewan (tai). Dapat disimpulkan dengan makna tai atau tinja atau kotoran babi.
Ciri-ciri orang yang mengidap penyakit sosial piges ini. Pertama orangnya suka berbuat buruk dan tidak mau diatur. Dia selalu membangkang disemua tempat. Orang bilang A dia bilang B. Dia merasa hebat sendiri dan jagoan sendiri. Pokonya pengidap penyakit sosial piges ini tidak punya sopan satun sosial. Berbuat seenaknya dan tidak tahu aturan.
Kedua, selalu berbuat buruk ditempat umum. Misalnya kalau di WC umum dimanapun. Di sekolah, di kampus, di pasar, dia tidak bersifat bersih. Sudak kencing tidak mencuci kemaluannya dan tidak membersihkan bekas kencing atau BAB di WC. Saat makan atau minum dia membuang sembarangan sisa makanan atau minumannya.
Ketiga, orang pengidap penyakit sosial piges ini tidak tahu diri dan tidak menghargai orang disekitarnya atau dimanapun. Misalnya dia merokok di dekat anak-anak, di dekat wanita, di dekat orang yang tidak merokok. Dia merokok seenaknya tanpa memikirkan betapa tersiksanya orang yang tidak merokok disekitarnya. Kalau bertemu wanita suka meraba-raba, ada kesempatan mencuri dia mencuri. Kalau tidak mencuri dia merusak atau berbuat kerusakan lainnya.
Kalau kamu menemukan orang seperti itu. Atau kamu punya sifat demikian. Berarti orang itu, atau dirimu adalah pengidap penyakit sosial piges. Atau penyakit tai BABI atau kotoran BABI.
Oleh.
Joni Apero.
November
2018.
By. Apero Fublic